-->
  • Jelajahi

    Copyright © Wargata.com
    Info Berada di Sekitar Warga

    Banner Polri

    Ads Google Searc

    Hukrim

    Banner IDwebhost

    Wabup Pimpin Rakortas di Lokasi Kebakaran; Baznas Siapkan Bantuan Rp 25 Juta Per Rumah

    15/10/24, 08:27 WIB Last Updated 2024-10-15T04:27:15Z
    Wargata.com - Wakil Bupati Kepulauan Selayar, H. Saiful Arif memimpin Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) di Lokasi Kebakaran, Tonggona, Desa Bukit Timur, Kecamatan Buki,  dihadiri unsur PMI, Baznas, Camat Buki, Dempak, dan Kepala Desa Buki Timur, Nur Kamar, serta para korban, Sabtu (12/10/2024) pagi. 

    Kepada pewarta, Senin (14-10) malam, Wabup Saiful Arif menyatakan,  korban kebakaran,  Samuddin dan  istrinya Andi Norma, serta Sattuang memberikan informasi, api bersumber  korsleting listrik yang terjadi pada rabu (9 - 10) sekitar jam 11:00 WITA. Saat itu, kampung kami lagi sepi, karena ada pesta keluarga di kampung tetangga. Saat api membesar, ada anak muda yang mendekati rumah kami dan menyelamatkan kedua orang yang tidak berdaya (karena sudah uzur, red) di atas rumah. 

    Wabup yang juga Ketua PMI Selayar, siang itu, mengantar bantuan PMI, dan langsung memimpin Rapat koordinasi terbatas dan singkat bersama Camat Buki, Dempak, Kades Bukit Timur, Nur Kamar, Ketua Baznas H. Odding Karim bersama Wakil Ketua Leonardo M. Siregar, serta unsur PMI, H. Patta Lolo, Ashaf, Muh. Takwil, Aldi, dan Andi Syahputra. 

    Pihak Baznas menyediakan bantuan per kelurga Rp 25 Juta (20 juta untuk bahan dan 5 juta u upah Tukang). Jumlah ini sudah cukup untuk memulai pekerjaan, kata Wabup, lalu meminta Kades Nur Kamar untuk menyisihkan anggaran desa, mengumpulkan bahan baku lokal, serta tukang yang akan bekerja. Saya akan menghubungi pak Dandim, semoga ada anggotanya yang bisa membantu", ungkap Wabup Saiful Arif dalam Rakor singkat yang dilaksanakan di bawah tenda darurat, dekat kedua rumah terbakar yang rata dengan tanah.

    Kepada Pewarta, Wabup menginfokan, Kadis Sosial, Satma, telah memerintahkan Stafnya hari itu juga, Rabu (9-10) jam 15.15 untuk mengantar bantuan berupa Beras 40 Kg, Family Kit 2 Paket, Kasur 6 Buah, tenda Plastik 2 Lembar, Makanan Siap Saji 20 Paket, Makanan Anak 12 Paket, Sandang Dewasa 6 Paket , Selimut 10 Lembar. Bantuan diantar  oleh Kabid Linjamsos, Andi Rahmat Nasaruddin didampingi 7 Anggota Tagana. 

    Pada hari yang sama, BPBD melakukan kajian di lokasi sekaligus menyerahkan bantuan Logistik dan mendokumentasikan.
    Pihak BPBD, Ikbal, melaporkan, Kebakaran menimpa 3 ( Tiga ) Unit rumah, milik Samsuddin, Sattuang - Sitti Salma - dan Andi Rizal ( Satu unit rumah dengan Tiga Kk di dalamnya ), dan Lahamuddin. 

    Penyebab kebakaran diduga korsleting listrik di rumah Samsuddin. Lalu api menyebar ke dua unit rumah di sekitarnya, mengakibatkan 2 unit rumah rata dengan tanah, serta 1 unit rumah mengalami kerusakan di bagian atap serambi rumah.
    Lebih lengkap,  Ikbal melaporkan, kerugian yang dialami Samsuddin  berupa 1 unit rumah rata dengan tanah ( Rusak Berat ), Uang senilai Rp. 17.000.000, Emas 7 Gram, Cengkeh 2  karung. 

    Sedang Sattuang - Sitti Salma, bersama Andi Rizal, Dalam Satu Unit Rumah berupa 1 Unit rumah yang juga rata dengan tanah, 2 unit laptop, 1 unit printer, Emas 10 Gram, Cengkeh  1  Karung. 

    Sedang kerugian Lahamuddin berupa kerusakan di bagian atap serambi rumah, kunci Ikbal. (ANH/HT).
    Komentar

    Tampilkan

    Daerah

    +