-->
  • Jelajahi

    Copyright © Wargata.com
    Info Berada di Sekitar Warga

    Banner Polri

    Ads Google Searc

    Hukrim

    Banner IDwebhost

    Festival Salo Karajae Segera Digelar, Satlantas Polres Parepare Rilis Rekayasa Arus Lalin, Berikut Rutenya

    Alam - Admin 2
    23/08/24, 23:05 WIB Last Updated 2024-08-23T16:05:43Z
    Wargata.com, Sulsel - Sat Lantas Polres Parepare siapkan rekayasa pengalihan arus lalu lintas dalam rangka mendukung pelaksanaan event Tahunan Festival Salo Karajae 2024.

    Festival Salo Karajae Tahun 2024 direncanakan akan berlangsung selama 5 (lima) hari yang dimulai 24 Agustus sampai 28 Agustus 2024. Festival Salo Karajae ini merupakan Event Tahunan dilaksanakan Pemkot Parepare, dan akan dihadiri oleh Plt. Gubernur Sulawesi Selatan

    Event ini berisi berbagai perlombaan, antara lain perlombaan perahu hias, lomba tari, lomba nyanyi / lagu, lomba memancing, lomba kreasi memasak, dan lomba menangkap Bebek. 

    Dengan demikian, untuk mendukung suksesnya Festival Salo Karajae, Sat Lantas Polres Parepare menyiapkan rencana rekayasa pengalihan arus kendaraan lalu lintas saat Festival berlangsung. 

    Rekayasa pengalihan arus lalin tersebut dipaparkan oleh Kasat Lantas Polres Parepare, AKP Adnan Leppang, S.H., M.H., saat di temui di ruang TMC Sat Lantas, tepatnya Jalan Andi Isa Parepare, Jum'at, (23/08/2024) sore. 

    "Merujuk pada festival Tahun lalu, diperkirakan festival Tahun 2024 ini akan ramai dikunjungi oleh warga masyarakat, baik warga Kota Parepare sendiri maupun warga dari luar kota Parepare, berdasarkan hal ini kami dari Jajaran Sat Lantas Polres Parepare memandang sangat perlu untuk dilakukan pengalihan arus lalu lintas untuk mengantisipasi terjadinya perlambatan arus lalin saat acara festival berlangsung", Kata Adnan Leppang, Jum'at, (23/08/2024). 

    Festival Salo Karajae akan berlangsung di anjungan Tonrangeng Riverside, dimana arus lalin Dua arah di Jalan Bau Massepe akan bertemu sehingga akan mengakibatkan perlambatan arus, untuk itu Kata Adnan, pengalihan arus akan di lakukan di beberapa lokasi. 

    "Yang pertama, rekayasa kita lakukan di area lokasi festival Salo Karajae, lokasi anjungan Tonrangeng Riverside, rekayasa di lokasi ini bersifat pengaturan arus kendaraan yang masuk dan keluar dari area festival", Ucap Adnan. 

    Dikatakannya, bahwa Lokasi pengalihan yang Kedua adalah pengalihan arus kendaraan yang akan bergerak dari arah pinrang ke Makassar, dan dari arah Sidrap menuju ke makassar. 

    "Bagi kendaraan dari arah sidrap maupun dari arah Pinrang menuju ke Makassar, akan kita alihkan arusnya dengan mengambil jalur Poros tepatnya Jalan M. Yusuf sampai di terminal induk Lumpue dan keluar di Jalan Bau Massepe, jalan poros Parepare ke arah Makassar", Ungkap Adnan Leppang. 

    Lebih lanjut, bahwa untuk memudahkan pengendara mengenali jalur pengalihan, pihaknya akan memasang tanda atau papan bicara beserta anggota yang bertugas untuk mengarahkan pengendara.

    "Iya, untuk memudahkan, kita siapkan personel Sat Lantas bersama personel Dishub di titik pengalihan, tujuannya untuk menuntun pengendara yang dialihkan, kami sudah sepakat dengan rekan - rekan dari Dishub terkait hal ini", Terang Kasat Lantas Polres Parepare. 

    Hal itu dilakukan dengan harapan agar pengalihan arus tersebut dapat membantu pengendara yang akan melintasi Kota Parepare, dengan demikian, dihimbau agar kiranya para pengendara mematuhi petunjuk - petunjuk arah yang tersedia maupun petunjuk - petunjuk dari petugas yang ada di lapangan. 

    "Target yang ingin kita capai adalah Festival Salo Karajae berjalan dengan sukses, sementara mobilisasi arus kendaraan yang melintasi Kota Parepare tetap lancar, untuk itu kami himbau patuhi petunjuk pengalihan arus yang kami siapkan maupun petunjuk dari petugas yang ada di lapangan", Ujar Adnan Leppang.

    Adapun Rute Pengalihan Arus Lalin yang akan di tempuh selama Festival Salo Karajae berlangsung yaitu, Sebagai berikut:

    Pengalihan rute dari arah Pinrang menuju Makassar yakni dari Perbatasan Parepare - Pinrang tepatnya Jalan H. A. M. Arsyad Belok kiri kearah Jalan Laupe dan Tetap di Jalan Laupe hingga ke Kantor Polsek Soreang. Lalu Melintas ke Jalan Lingkar hingga ke Perumnas Wekke'e Jalan Garuda, Belok kiri ke Jalan Jend. Muh. Yusuf  hingga Terminal Induk Lumpue, Belok kanan ke Jalan Mirdin Kasim kemudian Belok kiri ke arah Jalan Bau Massepe menuju ke arah Makassar. 

    Sementara untuk Pengalihan arus lalin dari arah Kabupaten Sidrap menuju Makassar, yaitu di Jalan Jend. Ahmad Yani, Belok kiri ke arah Jalan Lingkar hingga perumnas wekke'e, Jalan Garuda lalu Belok kiri ke Jalan Jend. M. Yusuf sampai terminal Induk Lumpue, kemudian Belok kanan ke arah Jalan Mirdin Kasim hingga Belok kiri ke Jalan Bau Massepe menuju perbatasan kota Parepare Barru. 

    Sedangkan Pengalihan rute dari arah Makassar / Barru menuju Sidrap / pinrang melalui Jalan Bau Massepe, Belok kanan ke Jalan Mirdin Kasim (terminal induk lumpue) dan Belok kanan ke Jalan Jend. Muh. Yusuf sampai persimpangan Tiga, di Jalan Garuda Belok kanan hingga melintasi Lapas kelas II Parepare, Lurus ke arah Jalan Lingkar Lapadde tepatnya Arah Sidrap Belok kanan ke Jalan Jend. Ahmad Yani. Untuk Arah Pinrang Lurus ke Jalan Laupe melintasi samping kantor Polsek soreang dan Tetap di Jalan Laupe hingga melintasi simpang Tiga tepatnya Jalan Industri kecil, kemudian Belok kanan ke Jalan H. A. M. Arsyad menuju batas kota Parepare - Pinrang, Jelas Kasat Lantas Polres Parepare, AKP Adnan Leppang.

    (MW/RL/HS)
    Komentar

    Tampilkan

    Timwar

    +