-->
  • Jelajahi

    Copyright © Wargata.com
    Info Berada di Sekitar Warga

    Banner Polri

    Ads Google Searc

    Hukrim

    Banner IDwebhost

    Jelang HUT Bhayangkara, Kapolres Pinrang Serahkan Penghargaan ke Pemenang Lomba Satkamling

    Alam - Admin 2
    21/06/23, 14:44 WIB Last Updated 2023-06-21T09:09:09Z
    Wargata.com, Sulsel - Jelang HUT Bhayangkara ke-77, Polri dan Pemerintah Kabupaten Pinrang, Provinsi Sulawesi Selatan menggelar lomba Satkamling yang dilakukan di tingkat Kecamatan, Rabu,(21/6/2023).

    Pada pelaksanaan itu, Kapolres Pinrang, AKBP Santiaji Kartasasmita, S.I.K., memimpin langsung upacara penerimaan penghargaan lomba Satkamling di Mako Polres Pinrang, Kelurahan Maccorawalie, Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang.

    Adapun dari hasil penilaian tim telah ditetapkan penerima Penghargaan Pemenang Lomba Satkamling peraih Juara I (satu) yang dimenangi oleh Satkamling Janggo Kalikking, Dusun Cempa Toa, Desa Tanra Tuo Kecamatan Cempa.

    Kegiatan ini dilakukan, selain memperingati HUT Bhayangkara ke-77, juga untuk meningkatkan semangat dan mengoptimalisasikan peran awak satkamling. Hal ini dilakukan guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah hukum Polres Pinrang.

    "Saya ucapkan selamat kepada Satkamling Janggo Kalikking, Dusun Cempa Toa, Desa Tanra Tuo Kecamatan Cempa yang keluar sebagai peraih Juara I. Satkamling memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan kamtibmas, terlebih saat ini akan menghadapi agenda Nasional yaitu Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024", Ucapnya.

    "Dalam lomba Satkamling supaya menjadi momen yang baik dalam konteks keamanan, tentunya hambatan-hambatan atau tantangan ke depan yang kita hadapi terkait dengan menjelang tahun politik, Tentu perlu kita betul-betul antisipasi bersama seperti informasi-informasi yang tidak benar", Ujarnya.
    Selain itu, AKBP Santiaji Kartasasmita berharap masyarakat bisa betul-betul menyikapi dengan baik karena di tahun politik pasti ada upaya-upaya untuk memecah belah warga.

    "Tanpa adanya kolaborasi dan kerja sama dengan seluruh rekan-rekan stakeholder yang ada tentu ini tidak akan bisa berjalan dengan baik, untuk itu perlu keterlibatan dari tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh pemuda dengan harapan kita bersama untuk menjaga Kamtibmas di wilayah hukum Polres Pinrang", Kata Kapolres Pinrang. 

    Dikatakan pula, bahwa situasi kamtibmas yang kondusif merupakan salah satu prasyarat utama dalam terselenggaranya pembangunan nasional dan mewujudkan cita-cita luhur bangsa Indonesia. Tentunya berbagai dinamika tantangan tersebut harus dihadapi bersama dengan mengedepankan kolaborasi dan partisipasi aktif masyarakat.

    "Satkamling adalah garda terdepan di setiap lingkungan RT, RW pada kelurahan atau desa. Oleh karena itu, kehadirannya diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari kepolisian yang prediktif", Ungkapnya. 

    Tak hanya itu, AKBP Santiaji Kartasasmita juga berpesan kepada awak Satkamling agar senantiasa berpegang teguh pada nilai, norma, dan etika pada setiap pelaksanaan tugas.

    "Tanamkan bahwa fungsi kepolisian terbatas non yustisiil yang diberikan merupakan sebuah kehormatan yang harus selalu dijaga, karena kehadiran Satkamling juga merupakan representasi kehadiran Polri di tengah masyarakat", Tandas AKBP Santiaji Kartasasmita.

    (MW/RL/HS)
    Komentar

    Tampilkan

    Timwar

    +